PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta secara resmi melaunching bus wisata kidang pananjung. Bus Wisata yang merupakan hibah dari Pemrov Jawa Barat, sedianya akan melayani rute wisata dengan melewati icon wisata Purwakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purwakarta, Saepudin menuturkan sebagai salah satu daerah tujuan wisata diharapkan keberadaan bus wisata kidang pananjung bisa menarik para wisatawan datang ke Purwakarta.

"Purwakarta bisa dikatakan sebagai daerah tujuan wisata sehingga dengan adanya bus tersebut bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Purwakarta," ujar Saepudin di sela acara launching Bus Kidang Pananjung, Di Bale Maya Datar Purwakarta, Kamis (21/3/2019).

Bus yang mirip dengan Bandung Tour On The Bus (Bandros), menurutnya diberi nama Kidang Pananjung, memiliki filosofi kearifan lokal, dalam sunda Kidang Pananjung merupakan seorang kesatria yang bertugas mengawal dan mengantarkan.

"kita lebih memilih memberi nama ksatria dalam sunda sehingga rasa kearifan lokalnya tetap terjaga, sehingga bis ini siap siaga mengantarkan wisatawan berkeliling kebeberapa destinasi wisata di Purwakarta," ujar dia.

Selain itu kehadiran bus wisata kidang pananjung, sebagai salah satu concern pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada publik terutama dalam memberikan pelayanan kepariwisataan di Purwakarta.

"Salah satu bentuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memudahkan serta memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan di Purwakarta," ungkapnya.

Trayek yang akan dilalui adalah dari Alun-alun Purwakarta - Pasar Jumat - Kemuning - Kebon Kolot, hingga Tajug Gede Cilodong dan kembali arahnya menuju BTN - Situ Buleud - Alun-alun Purwakarta.

"trayeknya melewati destinasi dan icon - icon wisata di Purwakarta, direncanakan titik awal di Alun - alun," tuturnya.

Selain launching bus wisata, dalam acara tersebut juga dilaksanakan pelantikan pengurus DPC Organda Kabupaten Purwakarta. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id