PURWAKARTA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta kembali mendapatkan laporan terkait kondisi TKW asal Purwakarta dalam kondisi kebingungan serta selama dua hari berada dalam ruang CUL (Common Use Lounge) Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta.

Kabid penempatan tenaga kerja Disnakertrans Purwakarta, Tuti Gantini. Menuturkan pihaknya mendapatkan laporan TKW asal Desa Gunung Karung Maniis, bernama Siti Maesaroh (23) dalam kondisi bingung selama dua hari di Bandara selepas turun dari pesawat.

"Selasa sore tadi kita mendapatkan laporan, TKW ini seperti orang linglung bahkan sudah dua hari berada di Bandara," ujar Tuti ketika dihubungi melalui sambungan telpon. Purwakarta, Kamis (31/1/2019).

Kondisi Siti sendiri di ketahui, berkat laporan pihak bandara melalui BP3TKI, dimana selama dua hari TKW asal Maniis Purwakarta,seperti kebingunan di ruang CUL. Sedangkan pihak bandara sendiri tidak mengizinkan Siti untuk meninggalkan bandara, karena melihat kondisinya tersebut. Siti sendiri diketahui telah bekerja selama 8 bulan sebagai TKW di Arab Saudi.

"Ya pihak bandara menahan untuk pulang karena kondisi psikologisnya, sehingga mereka mengontak BP3TKI," ucapnya.

Setelah mendapatkan kabar dari pihak BP3TKI Bandung, Disnakertrans Purwakarta langsung bergerak cepat, dengan menghubungi aparat desa setempat untuk memastikan identitas.

"Kita pastikan dahulu datanya dan ternyata benar. Kita langsung koordinasi dengan pihak BP3TKI serta bandara," ujar dia.

Setelah kecocokan identitas serta diamini bahwa Siti merupakan warga Gunung Karung. Disnakertrans langsung menindaklanjuti agar siti bisa kembali ke Purwakarta.

"Alhamdullilah kemarin pagi kita jemput dan sudah kembali ke pihak keluarganya," ungkap Tuti. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id