PURWAKARTA - SMA Negeri 1 Campaka Kabupaten Purwakarta lakukan MoU dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Purwakarta dalam peningkatan Informatika dan Jaringan Internet.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Campaka, Nur Aisah Jamil, era globalisasi sudah menjadi tantangan, apalagi untuk para pelajar kedepan.

"Era globalisasi, mau tidak mau putra - putri kita harus sudah melaksanakan semua proses pembelajaran, harus bisa mendapatkan ilmu dari para guru tentang pembelajaran  yang berbasis IT, karena tantangan dimasa depan," ujar Nur Aisah di Purwakarta. Kamis (17/1/2019).

Untuk 2019, dirinya mengatakan bahwa nilai rapor para siswa bisa diakses melalui website SMAN 1 Campaka, dengan nama E-Raport.

"Kita pun menggunakan e Raport sebagai laporan nilai siswa yang bisa diakses melalui website sekolah, sehingga orang tua atau siswa sekalipun mudah mendapatkan informasi baik sekolah maupun nilai para siswa," ujarnya.

Terkait MoU dengan Diskominfo Purwakarta, Nur Aisah mengatakan hal tersebut berupa pemasangan jaringan internet berupa wifi. Dirinya berharap kerja sama ini bisa memberikan dampak positif terutama untuk para siswa.

Akan tetapi dirinya mengingatkan para siswa penggunaan wifi ini harus dimanfaatkan sesuai peruntukannya terutama dalam peningkatan IT di sekolahnya.

"Bisa mengakses jaringan dan wifi gratis di beberapa titik yang bisa di akses oleh seluruh siswa yang berjumlah 908 orang, dan berharap bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hal positif," ujarnya.

Sedangkan menurut Sekretaris Diskominfo Purwakarta, Ida Hamidah. Bentuk kerja sama ini merupakan bagian  peningkatan jaringan internet ke seluruh wilayah di Purwakarta. 2019 Pemerintah Daerah menargetkan jaringan internet sudah bisa diakses di seluruh wilayah Purwakarta termasuk desa.

"Pemda memiliki target jaringan internet bisa manjangkau seluruh wilayah, untuk SMAN 1 Campaka merupakan sekolah pertama yang melaksanakan MoU dengan Diskominfo," ungkapnya.

 Selain itu dengan adanya MoU diharapkan bukan dari sisi IT saja, tetapi dalam aspek lainnya termasuk meningkatkan potensi wilayah terutama kreatifitas para siswa.

"Targetnya bukan itu, tapi potensi bisa dikembangkan dengan memanfaatkan jaringan ini, karena kedepan bukan hanya jaringan tetapi akan ada pengembangan lainnya secara terintegrasi," katanya ketika di temui di Kantor Diskominfo Purwakarta.

Sehari sebelumnya Rabu (16/1/2019), SMAN 1 Campaka dan Diskominfo Purwakarta melaksanakan In House Training, kegiatan pembelajaran berbasis IT dan Pembentukan Sistem Informasi dan Komunikasi Sekolah.

"Antusiasme dari guru-guru cukup baik,  dimana memang kegiatan ini diperuntukan bagi para guru yang nantinya diaplikasikan ke anak didiknya, karena disini memang sudah kawasan IT, untuk kedepannya segala sesuatunya juga berbasis IT," ujarnya. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id