PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengapresiasi capaian target kader KB di Purwakarta yang mampu melebihi target.

Menurut Anne, hal tersebut bagian mulai tumbuh kesadaran di masyarakat serta kerja keras kader Keluarga Berencana di Purwakarta.

"Saya berterima kasih sekaligus mengapresiasi gerakan para kader KB yang terus bekerja dan memberikan pemahaman kepada masyarakat," ungkap Anne di acara Riung Mungpulung Kader Keluarga Berencana Se Purwakarta di Bale Yudhistira Purwakarta, Kamis (27/12/2018).

Keberhasilan tersebut menurut Anne tidak lepas dari peran serta, kader termasuk program gempungan di buruan urang lembur.

"Keberhasilan dari kader termasuk kita terus berkeliling jemput bola untuk melayani masyarakat melalui gempungan di buruan urang lembur," ujar mantan mojang 1999.

Sedangkan menurut kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Purwakarta Nurhidayat mengatakan bahwa angka partisipasi keikutsertaan program keluarga berencana (KB) di Purwakarta tembus hingga 78 persen.

"Alhamdullilah melampaui target, keikutsertaan KB di Purwakarta 78 persen dari jumlah penduduk wajib KB usia produktif sebanyak 250 ribu, " kata Nurhidayat.

Kegiatan temu kader KB tersebut dalam rangka evaluasi program 2018, seluruh kader mulai dari penyuluh, Petugas Lapangan KB (PLKB), pos KB dan sub pos KB hadir diacara tersebut.

"676 orang bagian evaluasi program 2018 serta konsolidasi 2019 nanti, " ujar dia.

Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) salah satu target pencapaian untuk 2019 nanti. Sejauh ini pelaksanaan progam KB di Purwakarta baru sebatas KB jangka pendek mulai KB suntik dan pil.

"Kedepan kita akan membiasakan pakai KB susuk alias KB implan dan KB spiral (IUD) yang memiliki ketahanan jangka panjang," kata Nurhidayat. (*)

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id