PURWAKARTA - Memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, Bidang Pariwisata dan Kebudayaan pada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporabudpar) Kabupaten Purwakarta memiliki aplikasi tour guide berbasis android mobile.  Aplikasi tersebut diberi nama Sampurasun Pariwisata Purwakarta, yang bisa di download melalui smartphone berbasis android.

"Berawal dari semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Purwakarta, kami ingin meringankan wisatawan mencari destinasi wisata yang semakin ada di Purwakarta, aplikasi ini bisa membantu wisatawan yang datang ke Purwakarta," ujar Kabid Pariwisata Disporabudpar Purwakarta, Heri Anwar ketika ditemui di Kantor Disporabudpar, Purwakarta. Senin (15/9/2018).

Aplikasi yang berukuran tidak lebih dari empat megabyte itu, baru tersedia di Android. Namun berisikan berbagai menu bagi masyarakat. Apalagi menu yang tersedia cukup memudahkan bagi wisatawan yang berkunjung.

Fitur yang bisa diakses adalah mulai dari penjelasan tempat wisata, hingga petunjuk jalan menuju tempat wisata tersebut.

"Kini Purwakarta telah memiliki hampir semua jenis tempat wisata. Ada tempat wisata alam, buatan, kuliner, olahraga, bahkan wisata keagamaan, seluruh informasi ada disana," ujar dia.

Tidak hanya tempat wisata, pada aplikasi berikon dan bernuansakan warna biru itu menyajikan pula berbagai informasi mengenai tempat peribadatan berbagai agama. Termasuk informasi tentang tempat peristirahatan, acara atau berita mengenai pariwisata, dan komunitas yang ada di Purwakarta. Termasuk lokasi cafe atau tempat nongkrong kuliner di Purwakarta.

"Rute angkot dan ojek khusus berwisata pun ada di aplikasi," katanya.

selain itu pengunduh pun bisa memanfaatkan Tukang Ojek Pariwisata (TOP). Heri menjelaskan, ojek khusus pariwisata adalah ojek yang direkrut oleh pihaknya untuk melakukan antar jemput wisatawan ke tempat wisata yang diinginkan.

"Ada juga menu TOP yaitu Tukang Ojek Pariwisata, yang bisa membantu wisatawan berkeliling tempat wisata di Purwakarta menggunakan motor," jelas Heri.

Diluncurkan Sejak Januari, Buatan Anak Purwakarta

Sejak Januari diluncurkan dan diperkenalkan ke publik, aplikasi ini, kata dia telah banyak diunduh dan membantu banyak pihak. Mulai dari wisatawan, hingga tempat wisata yang ada pun mendapat dampak positif dari aplikasi pariwisata tersebut.

Aplikasi dibuat khusus oleh tim dari bidang pariwisata, ia mengatakan bahwa menu yang ada di aplikasi ini semata-mata ditujukan untuk menunjang berbagai aktivitas wisatawan.

Oleh karena banyaknya dampak positif terhadap wisata Purwakarta, ia pun mengapresiasi timnya yang telah terus bekerja keras.

"Saya salut dan berterima kasih kepada teman-teman saya yang telah membuat aplikasi Sampurasun Pariwisata Purwakarta untuk membantu masyarakat, apalagi yang membuat orang Purwakarta sendiri," tutur Heri.

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id