Pemerintah Daerah Purwakarta bersama kelompok tani Petir Lio menggelar panen raya Demontration Plot (Demplot) padi, di lahan percontohan areal persawahan Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Selasa (28/8).

Diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, panen raya tersebut dihadiri Penjabat Bupati Purwakarta, MT Budi Santoso beserta jajaran, Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi AB dan Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Nugraha Budi Eka Irianto.

Budi mengatakan, panen raya Demplot adalah bentuk kerjasama pemerintah daerah dengan BUMN dalam hal ini PT Pupuk Kujang. Kerjasama ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi padi secara maksimal.

"Alhamdulillah pada hari ini kita sudah melakukan panen raya untuk demplot hasil kerjasama Pemda dengan PT Pupuk Kujang. Demplot ini Insya Allah akan dikembangkan terus ke depan sehingga nanti bisa lebih banyak lagi demplot-demplot yang bisa bermanfaat untuk petani di wilayah Purwakarta," kata Budi.

Dia menjelaskan, kerjasama ini ke depan akan dijadikan contoh untuk petani-petani lain di Kabupaten Purwakarta.

"Pak Kadis Pertanian sudah menyampaikan berdasarkan hasil pemantauan di demplot tersebut biasanya 4 ton perhektar, namun produktivitasnya meningkatkan meningkat menjadi 7 ton perhektar, dengan bantuan pupuk yang disuplai oleh PT Pupuk Kujang," jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Nugraha Budi Eka Irianto mengatakan, demplot ini bagian dari edukasi dari perusahaan buat para petani.

Menurutnya, Demplot di kelompok tani Petir Lio, Jatiluhur, hanya 1 hektar tidak terlalu banyak, namun sebetulnya bukan luasannya tetapi titiknya itu yang jauh lebih penting jadi makin banyak titik untuk Dempot itu makin bagus sekali.

"Demplot adalah program untuk mengedukasi petani dan tentunya ini kedepan akan meningkatkan produktivitas pangan khususnya di Purwakarta. Mudah-mudahan kontribusi kita bisa semakin baik, kita punya tim untuk pendampingan petani mulai dari sejak penyiapan lahan hingga panen," ujar Nugraha.

Untuk diketahui, Demontration Plot (Demplot) adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut. 

Sumber : https://bit.ly/2BPDGFm

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id