Purwakarta. Teknologi informasi memang memberikan daya dukung dalam semua lini kehidupan, sehingga pantaslah saat ini peran teknologi informasi begitu dominan di masyarakat. Demikian disampaikan Pj Bupati Purwakarta Muhamad Taufiq Budi Santoso saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pemanfaatan e-government  bertempat di Aula Janaka Senin, 13 Agustus 2018.

M. Taufik BS mengatakan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus mengembangkan e – government yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemerintah, mengingat pendapatan Asli Daerah (PAD) di Purwakarta masih relatif kecil, namun demikian, e-government terus dikembangkan sesuai dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurut M Taufiq, konsep pelayanan pemerintah dengan basis teknologi informasi ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, oleh sebab itu konsep e – government yang dikembangkan harus berangkat dari kebutuhan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Dia juga menambahkan, pihaknya sangat mendukung adanya FGD ini, karena akan semakin banyak mendapatkan masukan berkaitan dengan akselerasi pemanfaatan e – government di daerah. FGD ini harus bisa memunculkan rumusan rumusan baru berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat DR. Hening Widiatmoko MA menyampaikan, acara ini merupakan lanjutan dari acara rakor di Kampung Sampireun Garut. Dalam pertemuan tersebut, disepakati pertemuan lanjutan kurang lebih 4 (empat) bulan sekali, secara tematik untuk menindaklanjuti pertemuan yang sebelumnya dibuat untuk kerjasama antara pemerintah Kabupaten Kota dengan Provinsi.
Hening menambahkan terlepas dari itu, dalam pertemuan FGD ini untuk menyamakan persepsi atau langkah yang selama ini kita tahu ada Kabupaten Kota yang untuk anggaran Kominfonya memadai dan jauh kurang memadai, solusinya dalam pertemuan ini akan sama-sama menyepakati dan sharing dari Kabupaten Kota dengan Provinsi.

Menurutnya, di Provinsi tidak ada anggaran khusus tetapi ada yang penting berkaitan dengan pembangunan e – government, salah satunya dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) atau peningkatan SDM khusus untuk informatika. Pembangunan e – government di Jawa Barat selangkah lebih maju dari Provinsi lain.

Kepada media M Taufiq BS menyampaikan sekarang momentumnya bukan lagi membuat aplikasi, tetapi bagaimana kita memanfaatkan e – government dan menjaga ke amanan dari sistem teknologi dan informasi yang kita buat, di provinsi sendiri akan membuat dan menyiapkan untuk semua kabupaten dan kota sehingga bisa digunakan tanpa kita harus membuatnya sendiri.

Menurutnya, yang lebih penting lagi bagaimana mengintregrasikan agar pemerintah se Jawa Barat ini punya satu kesatuan yang sama, sehingga diantara Pemerintahan Daerah ini bisa saling berkomunikasi dalam sistem yang sudah dibuat. Tujuan itu sangat bagus, yang perlu kita dukung sehingga pemerintah di seluruh Jawa Barat bisa bersinergi dan efesien dalam membangun e – government.

” Saya sangat mengapresiasi acara ini, mudah – mudahan bisa dihasilkan produk – produk kebijakan dalam rangka mengefesienkan kebijakan mengembangkan e – government.” pungkas nya.

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah Kepala Diskominfo Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.

Sumber : http://www.purwakartakab.go.id/index.php/Welcome/detail/119

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id