PURWAKARTA – Kami para pejuang veteran Trikora, Seroja dan Dwikora dengan jumlah 341 orang yang tersebar di 16 Kecamatan se Kabupaten Purwakarta. Dalam kepengurusan untuk wilayah Kecamatan sudah terbentuk Dewan Pimpinan Ranting (DPR). Hal itu disampaikan Kohar Sumarna, sebagai ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) saat beraudensi dengan Pj Bupati Muhamad Taufiq yang didampingi Kadis Poraparbud di Bale Nagri. Rabu, (18/7/2018).

“Kami para veteran merasa bangga telah berjasa kepada Negara, serta Negara juga telah memberikan gelar kehormatan kepada kami sebagai anggota Veteran, para veteran yang datang pada kesempatan hari ini berjumlah 10 orang.” Ujar Kohar.

Kohar menambahkan dalam kegiatannya para Veteran setiap bulan pada tanggal 17 selalu mengadakan pertemuan rutin, selanjutnya pada tanggal 12 setiap bulan pertemuan dengan Persatuan Istri Veteran Repuklik Indonesia (PIVRI), apabila mendapat undangan dalam hari bersejarah seperti mengikuti kegitan 17 Agustus, 5 Oktober, 10 November, para Veteran selalu siap hadir.

Kohar mengatakan kegiatan rutin lainya selalu memperingati hari Veteran Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Agustus, serta setiap tanggal 2 Januari selalu mengadakan acara ulang tahun baik ditingkat Kabupaten maupun ditingkat Provinsi, dalam kegiatanya para veteran dikoordinir ditingkat Kodim dalam Keluarga Besar Tentara (KBT) yang terdiri dari punawirawan TNI.

“Alhamdulilah selama di tahun 2013 ini kami selalu koordinasi bedah rumah dengan kodim 0619 puwakarta.” Katanya
Menurut Kohar dari tahun 2012 – 2015 kantor berada digedung juang Jln. KK Singawinata, namun tahun 2015 Kantor Arsip menginformasikan bahwasanya Gedung Juang akan digunakan Musium Diorama Nusantara. Keberadaan kesekretariatan sendiri sejak tahun 2015 sampai sekarang bertempat di rumah ketua LVRI di Ciwareng dekat Hotel Ciwareng.

M Taufik dalam sambuntanya menyampaikan keberadaan sekretariat atau kantor LVRI, ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya Pemda Purwakarta, dan akan menindak lanjuti tentang hal yang disampaikan para veteran tersebut. Selain memberikan solusi untuk tempat LVRI juga akan menindaklanjuti proposal pengganti gedung juang yang sudah dipakai untuk Diorama.

Kepada media Pj Bupati menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kepada para Veteran yang selalu siap membantu Pemerintahan Daerah juga kegiatan pembangunan kemasyarakatan sesuai dengan kapasitasnya, mereka juga sipa hadir disetiap undangan hari besar serta kegiatan Pemerintah Daerah lainya.

M Taufik mengatakan Ini merupakan suatu kebanggaan tersendri dimana mereka sudah berjuangng saat masih aktif dikesatuanya, selain menikmati masa tuanya juga masih semangat untuk berkontribusi dan ini yang harus kita tiu semangat dan perjuangannya untuk terus berkaya bagi Bangsa dan Negara Republik Indonesia. (*)

Sumber : https://bit.ly/2JxcslG

Category:
Berita
Website:
ppid.purwakartakab.go.id